Emas Putih atau Platinum, pilih yang mana?

Banyak orang-orang tahu emas, tapi banyak yang salah perkiraan berkenaan emas putih. Perhiasan-perhiasan yang dimaksud emas putih seringkali dikira bahannya baku platinum (platina), meski sebenarnya emas putih yang disebut acap kali di buat berbahan yang sekalipun berlainan baik karakteristik ataupun kwalitetnya. Jadi, apakah emas putih itu? Selanjutnya bakal dikaji berkenaan Ketaksamaan Cincin Emas Putih Serta Platinum

Emas putih yaitu gabungan pada logam emas serta satu atau lebih logam lain yang berwarna putih seperti perak serta paladium. Sedang kandungan emas dalam cincin emas putih sendiri ada kemungkinan cuma 18 karat, 14 karat, atau yang lain. Umpamanya, pembuatan emas putih yang memakai 75% emas di campur dengan 25% perak serta paladium. Emas kuning juga di buat lewat langkah yang serupa, cuma campurannya saja yang berlainan ; contohnya emas kuning yang di buat dengan 75% emas di campur 25% tembaga serta seng. Dahulu, nikel banyak pula difungsikan dalam pembuatan emas putih, tapi waktu ini nikel lebih difungsikan dikarenakan gabungan nikel dapat menjadikan reaksi alergi buat lebih dari satu orang.

Waktu masihlah baru, emas putih dilapis dengan bahan logam berwarna putih yang lain, yaitu Rodium, buat buat warnanye jadi bersinar. Rodium benar-benar serupa dengan platinum, termasuk juga warna putihnya ; serta berikut yang banyak buat orang salah perkiraan. Warna emas putih tanpa ada susunan rodium bakal tampak lebih kusam, dan rupa emas putih yang sudah dipoles rodium bakal benar-benar serupa atau tambah lebih cemerlang ketimbang platinum. Tapi demikianlah, susunan Rodium ini lama kelamaan bakal pupus, jadi emas putih butuh dipoles kembali tiap-tiap lebih kurang 12-18 bln..

Sedang platinum yaitu logam berwarna putih yang seandainya difungsikan buat buat perhiasan jadi tidak usah gabungan lain. Berlainan dengan logam emas yang lunak, platinum lebih padat serta berat, jadi apabila cincin platinum difungsikan contohnya, jadi bakal merasa lebih berat ketimbang cincin emas 18 karat. Berlainan dengan juga emas putih yang butuh dilapis rodium, platinum udah cukup bersinar dengan sendirinya. Maka itu, jadi harga platinum kian lebih mahal. Suatu cincin platinum dapat punya nilai 2 x lipat emas putih 18 karat. Lantaran mahalnya harga platinum, jadi di kelompok investor ia dijuluki " emas putih " --tetapi sebetulnya maksud " emas putih " di sini berlainan dengan emas putih yang dikatakan diawal tadi.