Beberapa komponen penting yang terdapat pada Panel Kapasitor Bank

 Komponen-komponen paling utama yg ada pada panel kapasitor salah satunya :

1. Main switch/load Break switch
Main switch ini sebagai peralatan kontrol serta isolasi andaikan ada pemeliharaan panel. Dan utk pengaman kabel/instalasi udah ada disisi atasnya (dari) MDP. Mains switch atau lebih di kenal load break switch merupakan peralatan pemutus serta penyambung yg sifatnya on load ialah mampu diputus serta disambung dalam situasi berbeban, tidak serupa dengan on-off switch tipe knife yg cuma dioperasikan saat tdk berbeban.
Utk tentukan kemampuan yg dimanfaatkan dengan perhitungan sekurang-kurangnya 25 Prosen tambah besar dari perhitungan KVar terpasang dari sebagai contoh :

Andaikan daya kvar terpasang 400 Kvar dengan arus 600 Ampere, jadi pilihan kita menurut 600 A + 25 Prosen = 757 Ampere yg dimanfaatkan size 800 Ampere.

2. Kapasitor Breaker.
Kapasitor Breaker digunkakan utk mengamankan instalasi kabel dari breaker ke Kapasitor bank dan kapasitor tersebut. Kemampuan breaker yg dimanfaatkan sebesar 1, 5 kali dari arus nominal dengan I m = 10 x Ir.
Utk mengkalkulasi besarnya arus mampu dimanfaatkan rumus I n = Qc/3. VL

Sebagai contoh : masing masing steps dari 10 steps besarnya 20 Kvar jadi dengan memanfaatkan rumus di atas didapat besarnya arus sebesar 29 ampere, jadi penentuan kemampuan breaker sebesar 29 + 50 Prosen = 43 A atau yg dimanfaatkan 40 Ampere.

Tidak hanya breaker bisa juga dimanfaatkan Fuse, Pemanfaatan Fuse ini memang tambah baik dikarenakan tanggapan dari situasi over current serta Short circuit tambah baik akan tetapi tdk efektif dalam pengoperasian andaikan dalam situasi putus mesti tetap ada perubahan fuse. Andaikan memanfaatkan fuse perhitungannya juga sama seperti pemanfaatan breaker.

3. Magnetic Contactor
Magnetic contactor diperlukan sebagai Peralatan kontrol. Beban kapasitor miliki arus puncak yg tinggi, lebih tinggi dari beban motor. Utk penentuan magnetic contactor sekurang-kurangnya 10 Prosen lebih tinggi dari arus nominal (pada AC 3 dengan beban induktif/kapasitif). Penentuan magnetic dengan range ampere lebih tinggi akan tambah baik maka usia pemanfaatan magnetic contactor lebih lama.

5. Kapasitor Bank
kapasitor bank panel merupakan peralatan listrik yg miliki pembawaan kapasitif.. yg dapat berguna sebagai keseimbangan pembawaan induktif. Kemampuan kapasitor dari ukuran 5 KVar hingga 60 Kvar. Dari tegangan kerja 230 V hingga 525 Volt atau Kapasitor Bank merupakan serangkaian berapa kapasitor yg disambung dengan cara parallel utk beroleh kemampuan kapasitif khusus. Besaran yg kerapkali dimanfaatkan merupakan Kvar (Kilovolt ampere reaktif) walaupun didalamnya terdapat/terlist besaran kapasitansi yakni Farad atau microfarad. Kapasitor ini miliki pembawaan listrik yg kapasitif (leading). Maka miliki pembawaan kurangi/melenyapkan pada pembawaan induktif (leaging)

6. Reactive Power Regulator
Peralatan ini berguna utk mengatur kerja kontaktor biar daya reaktif yg dapat disupply ke jaringan/sistim mampu bekerja sama sesuai kemampuan yg diperlukan. Dengan rujukan pembacaan besaran arus serta tegangan pada segi paling utama Breaker jadi daya reaktif yg diperlukan mampu terbaca serta regulator berikut yg dapat mengatur kapan serta berapakah daya reaktif yg diperlukan. Peralatan ini miliki beraneka ragam steps dari 6 steps, 12 steps hingga 18 steps.

Peralatan penambahan yg umum dimanfaatkan pada panel kapasitor salah satunya :

- Push button on serta push button off yg berguna menjalankan magnetic contactor dengan cara manual.
- Selektor auto – off – manual yg berguna menentukan sistim operasional auto dari modul atau manual dari push button.
- Exhaust fan + thermostat yg berguna mengatur ambeint temperature (suhu hawa seputar) dalam area panel kapasitor. Dikarenakan kapasitor, kontaktor serta kabel penghantar miliki disipasi daya panas yg besar jadi temperature area panel bertambah. sehabis setting dari thermostat terlampaui jadi exhust fan dapat automatic berhenti.lihat artikel sebelumnya mengenai Review panel kapasitor listrik